HIU HAMIL

Hiu Bisa Hamil Tanpa Suami

10_oddball_virginshark

Netsains.Com – Hamil tanpa suami? Ajaib ya. Tapi ini bukan mitos atau kisah relogi, melainkan fakta nyata. Ikan hiu moncong hitam asal Atlantik yang bernama Tidbid. Bukan hanya tidak penah kawin, bahkan Tidbid juga masih “perawan” saat hamil. Ini adalah kasus kedua dimana dilaporkan ikan hiu bisa hamil dalam kondisi perawan alias tak pernah kawin. Sebelumnya, pada bulan Mei lalu seekor hiu kepala martil di kebun binatang Nebraska ditemukan hamil, padahal ia sudah tidak kontak dengan hiu jantan selama tiga tahun.

“Kami tidak pernah mengobservasi perilaku reproduksi atau tanda-tanda kehamilannya,” ujar  Beth Firchau, peneliti dari Virginia Aquarium, dimana Tidbit tinggal selama delapan tahun setelah dilahirkan di laut bebas. Biasanya hiu mengalami perubahan kebiasaan makan selama hamil. Hiu betina juga memiliki tanda khusus pada fisiknya saat memasuki musim kawin.

“Tidak ada hiu pejantan di tangki TidBid selama delapan tahun ini,” ujar Firchau menekankan keheranannya. Hiu moncong hitam Atlantik alias  Carcharhinus limbatus, adalah spesies hiu yang banyak dijumpa di pantai Florida.

Hal yang Biasa

Menurut ilmuwan hiu dari Institute for Ocean Conservation Science di Stony Brook University , New York, bisa jadi hiu betina memang bisa hamil tanpa melalui perkawinan lebih dulu. Ia menggunakan tes genetika untuk mengonfirmasi bahwa anak TidBid sepenuhnya hanya memiliki DNA ibunya saja.

Ternyata TidBid, hanya satu di antara 70 spesies vertebrata yang bisa melakukan reproduksi tanpa melalui proses kawin lebih dulu. Mereka memiliki telur yang bisa berkembang tanpa bantuan sperma jantan. Komodo juga salah satu dari mereka. Kondisi seperti itu dinamakan partenogenesis otomiktik. Baik jantan maupun betina membawa meiosis dalam sel-sel mereka yang terbagi menjadi beberapa bentuk sel seksual, sperma atau telur. Pada betina, meiosis memproduksi empat sel telur progenitor yang salah satunya menjadi sel telur. Tiga lainnya terserap kembali ke tubuh mereka. Untuk kasus TidBid, satu dari sel itu berfungsi sebagai sperma dan menyuburkan sel telur.

Walau hiu betina tidak membutuhkan pejantan untuk memproduksi bayi, namun mereka juga melakukan perkawinan. Dan kasus hamil tanpa suami seperti TidBid tergolong langka. Jika hiu betina hamil melalui proses normal perkawinan, maka sel telurnya bisa lebih subur, yakni lima hingga enam telur sekaligus. Sekalin itu, bayi hiu yang lahir hanya dari orang tua betina saja bisa mengalami kelemahan sistem imun.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience

Foto: wakeuptraxxfm.vox.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: